TUTORIAL MENGGUNAKAN SOFTWARE BLUEJ

TUTORIAL HELLO WORLD YANG BERISI PROFIL DIRI
DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE BLUEJ

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer yang digunakan dalam dunia IT yang seringkali dimanfaatkan dalam hal pengembangan aplikasi. Salah satu tools/software yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi dengan Bahasa pemrograman Java adalah BlueJ. BlueJ ini merupakan software yang menyediakan pemvisualan dari struktur kelas dengan diagram UML (Unified Modelling Language) sebagai sarana perancangan sistem berorientasi objek.
Pada kali ini, author akan memberikan tutorial menggunakan BlueJ dengan program hello world yang nantinya berisi profil diri. Yuk, simak langkah-langkah berikut!
·        Pertama-tama, install terlebih dahulu aplikasi BlueJ. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut!
1.     Buatlah New Project
-       Buka BlueJ, selanjutnya kita buat sebuah project dengan cara klik menu Project -> New Project.
-       Kemudian buat nama project yang kita inginkan dengan memilih lokasi tujuan untuk penyimpanan file. Kemudian klik OK.


2.     Membuat New Class
-      Klik button New Class yang berada di sebelah kiri atas untuk menambahkan suatu class pada project kita. Untuk cara lainnya, kita bisa mengakses New Class dengan cara klik menu Edit -> New Class. Bisa juga dengan cara klik tombol pada keyboard : CTRL + N. Tampilannya adalah sebagai berikut.


-       Kemudian buatlah nama untuk class tersebut dan pilih tipe class yang akan digunakan. Pada kali ini, kita akan membuat class dengan nama HelloWorld dengan tipe class yang biasa. Kemudian klik OK.




















-  Maka setelah selesai membuat class, akan ada sebuah file class yang muncul dengan nama “HelloWorld”. Disini, kita akan membuat 2 class. Maka tambahkan class baru, yaitu class “Profil” dengan cara yang sama seperti yang telah diulas tadi. Dua class ini akan dibuat saling berkaitan, dengan begitu nantinya akan diberi tanda panah antar UML.




3.     Membuat program
-       Pada class “Hello World”, klik 2x, maka akan muncul tampilan awal seperti ini:



















-  Sedangkan pada class “Profil”, klik 2x, maka akan muncul tampilan awal sebagai berikut ini:

-       Lalu buat code yang kita inginkan.
Untuk HelloWorld.java




Untuk Profil.java



4.     Menjalankan Program
-       Setelah kita membuat code untuk class HelloWorld dan Profil, lalu kita compile masing-masing agar mengetahui dimana letak error kita dan agar program yang kita buat tidak error. Saat kita close class yang kita buat, kita akan bertemu tampilan seperti ini.

-       Kemudian pada class HelloWorld, kita klik kanan. Lalu kita akan bertemu method. Kemudian klik void main (String[] args) untuk mengeksekusi program. Lalu klik OK.

-       Maka akan muncul tampilan seperti ini sebagai output program yang kita buat pada terminal. Pada output ini akan muncul tulisan Hello World yang berisi Profil Diri author.

Sekian tutorial ini author buat dalam rangka memenuhi tugas Pemrograman Berorientasi Objek. Semoga bermanfaat ya!

Komentar

  1. itu tanda panah dibuat nya gimana? terus kalau kita mau bikin program baru kita harus bikin class baru ga? saya punya tugas kuliah nih masih bingung mengoperasikan javanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Final Project PBO

MEMBUAT TOKO ONLINE MENGGUNAKAN CODE IGNITER 3